Remove Malware dengan Combofix

Malware adalah software semacam virus yang dapat mengganggu performance dari komputer atau bahkan membuka backdoor untuk melakukan aktivitas yang dapat merugikan kita baik itu dari segi data pribadi sampai dengan data keuangan.

Salah satu serangan malware yang umum sering kita rasakan adalah turunnya performance dari komputer atau notebook yang digunakan (komputer jadi lemot) atau munculnya popup software yang tidak dinginkan, pokoknya sistem windows yang dipakai tidak berjalan dengan semestinya karena serangan tersebut.

Bahkan malware dapat mengarahkan komputer yang kita pakai ke situs dimana sipencipta sudah menaruh program jahat lain untuk dieksekusi. Kebanyakan software jahat ini berasal dari situs yang kita akses dan secara tidak sadar memasukkannya kedalam komputer atau notebook yang kita pakai.

Untuk remove malware atau menghilangkannya walaupun tidak 100% hilang, sobat bisa menggunakan software yang disebut Combofix, yaitu software untuk menghapus atau remove malware yang diciptakan oleh sUBs, secara umum Combofix dapat menghilangkan sebagian besar malware yang ada pada saat ini dan menampilkan log laporan apa saja yang terinfeksi dan telah di hapus.

Dibawah ini dapat dilihat screenshot ketika menggunakan Combofix untuk menghilangkan atau remove malware:

combofix startup - remove malware

combofix backup registry - remove malware

combofix recovery console - remove malware

Disini jika sobat tidak ingin menginstall recovery console klik button “No”, karena jika menjawab “Yes” combofix akan mendownload software recovery console dan cukup memakan waktu lama jika koneksi internet terbilang lambat.

combofix proses - remove malware

combofix log - remove malware

Oh ya, perlu diingat pada saat menjalankan Combofix, pastikan sobat menjalankannya dari DESKTOP, hal ini sangat penting dan harus di ikuti jika ingin software tersebut optimal dalam me-remove malware secara terperinci dari komputer kita,  kalau bisa pastikan startup pada msconfig diarahkan pada Normal Startup, dan yang terakhir pastikan posisi hidden file dibuka untuk sementara (checklist show hidden file and folder pada menu view folder option pada windows explore/tools)

Untuk download software klik pada link berikut: Download Combofix

Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat, Terima kasih
download dan gambar dari Bleeping Computer

 

Leave a Reply

Berbagi Ilmu Dengan Orang Lain Lebih Baik Daripada Disimpan Sendiri

Terima Kasih Atas Komentarnya ...

  

  

  

*