Perhitungan Peringkat di Webometrics 5

Seperti sobat sekalian ketahui, webometrics merupakan sebuah website yang dalam setahun dua kali (bulan Januari dan Juli) mengumumkan peringkat ke-populeran sebuah universitas dilihat dari berbagai aspek yang menjadi metode penilaian mereka. Dan memang saat ini webometrics berhasil menarik perhatian dan menjadi patokan dalam hal pemeringkatan universitas yang ada didunia, termasuk juga universitas yang berada di Indonesia. Saat ini juga hampir semua universitas berusaha mencapai rangking yang terbaik pada webometrics guna menaikkan gengsi atau prestise mereka.

Sebelum tahun 2012 penulis mengamati metode penilaian mereka dalam hal pemeringkatan seluruh universitas di dunia adalah sebagai berikut :

  • Visibility
    Banyaknya link dari sebuah universitas yang diindeks oleh search engine Yahoo!
  • Rich Files
    Banyaknya file (.doc, .pdf, .ps, .ppt) dari sebuah universitas yang di indeks oleh Google
  • Google Scholar
    Banyaknya jurnal atau artikel ilmiah yang indeks oelh google scholar
  • Ukuran (size)
    Banyaknya halaman dari domain dan subdomain sebuah universitas yang terindeks pada empat search engine, yaitu Google, Yahoo!, Exalead, dan Live search

Namun sejak Juli 2012 metode perhitungan yang dipakai berubah menjadi :

metodologi webometrics

 

Dan metode perhitungan saat ini akan mengalami perubahan kembali dan akan dipakai untuk perhitungan peringkat universitas di bulan Juli 2013, informasi ini didapatkan penulis dari situs resmi webometrics. Metode penilaian yang baru menurut situs webometrics saat tulisan ini dibuat adalah sebagai berikut :

Visibility (50%)

  • IMPACT, dengan kata lain impact menurut penulis adalah jumlah backlink atau link yang didapat oleh sebuah universitas dari pihak ketiga, dan dalam perhitungan ini jenis backlink dibagi menjadi dua, yaitu backlink aktif saat ini yang diambil dari perhitungan oleh website Majesticseo dan backlink histori yang diambil dari website ahrefs.

Activity (50%)

  • PRESENCE, ini adalah banyaknya jumlah halaman website dan banyaknya file (rich file) yang ada pada sebuah domain ataupun subdomain dari suatu universitas yang terindeks oleh mesin pencari Google.
  • OPENNESS, jumlah jurnal, artikel ilmiah ataupun penelitian yang ada dan telah diterbitkan (diupload) ke dalam website pada domain ataupun subdomain sebuah universitas, dan syarat utamanya adalah file atau tulisan harus dalam bentuk pdf.
  • EXCELLENCE, jumlah penelitian ilmiah yang berlabel internasional dan terdaftar pada Scimago Group, dalam hal ini juga termasuk jurnal internasional yang telah terindeks atau terpublish pada Scopus.

Itulah beberapa perkembangan perhitungan pemeringkatan oleh webometrics yang penulis ketahui, dan dari beberapa hal diatas penulis dapat menyimpulkan secara pribadi bahwa dalam hal menaikkan peringkat universitas pada webometrics dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memperkaya website dari domain dan subdomain dengan artikel atau berita yang dapat dikonsumsi oleh pembaca dan juga file-file yang dapat diunduh oleh public internet, dengan kata lain perbanyak konten dari semua website yang ada di universitas.
  2. Memperbanyak backlink ke arah universitas, hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya ikutkanlah link kearah website universitas ketika menulis sebuah artikel diluar domain universitas (pihak ketiga), teknis memperbanyak backlink dapat diabaca pada tulisan berikut: Menambahkan backlink pada website
  3. Perbanyak artikel ilmiah atau penelitian ke dalam website yang ada pada domain dan subdomain universitas dalam bentuk pdf, bukan bentuk file yang lain. PDF harus dipastikan untuk mendongkrak jumlah file yang terindeks pada google scholar dan perlu diingat tulisan yang di akui adalah tulisan unik bukan tulisan yang sudah di upload di luar universitas.
  4. Ketika melakukan penelitian dan menerbitkannya pada jurnal internasional jangan lupa untuk selalu memberikan nama universitas pada kolom affiliasi, hal ini agar jurnal internasional tersebut diakui sebagai jurnal universitas yang bersangkutan

Mungkin itulah empat hal yang dapat penulis simpulkan sebagai usaha untuk menaikkan peringkat universitas di webomterics, namun terlepas dari semua usaha yang disebutkan diatas hal yang paling mendasar dan dapat menjadikan usaha penaikkan peringkat berhasil adalah kerjasama dan kemauan serta keperdulian segenap sivitas akademika pada sebuah universitas untuk menggapai hasil yang diinginkan, dan tak kalah penting agar dalam membuat tulisan unik yang membuat orang tertarik untuk berkunjung, karena semakin banyak kunjungan apa lagi yang berasal dari mesin pencari akan semakin baik ranking suatu website atau blog.

Akhir kata penulis mengucapkan Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
(sumber gambar : webometrics.info)

5 thoughts on “Perhitungan Peringkat di Webometrics

  1. Reply Desy Jul 22,2015 8:37 am

    thx informasinya. saya akan mencoba satu persatu 🙂

  2. Reply Akademi Telkom Jakarta unas Mar 9,2015 1:46 pm

    di tahun 2015 apakah penilainnya masih seperti ini?

  3. Reply Tas fashion murah Jan 29,2015 2:53 pm

    maaf saya cuma numpang naruh situs web sajaa. makasiiih

  4. Reply tenia Jan 20,2015 11:42 am

    mohon petunjuk bagaimana cara menghitung indikator impact / visibility pak? kalau dilihat prosentasenya cukup besar, 50%.

    • Reply Unas Support Jan 23,2015 3:36 pm

      Hi Ibu Tenia,

      Untuk meningkatkan visibility adalah dengan cara menambah backlink yang kembali ke situs atau website kita, tapi mohon diingat jangan sampai menaruh backlink ke sebuah situs malware atau semacamnya.

      Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Berbagi Ilmu Dengan Orang Lain Lebih Baik Daripada Disimpan Sendiri

Terima Kasih Atas Komentarnya ...

  

  

  

*