Eco Power Booster, Penghemat BBM

unas-3 ecopowerbooster

unas-3 ecopowerboosterDemi mengatasi masalah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), mahasiswa Universitas Nasional (UNAS) Jakarta menciptakan sebuah alat penghemat bbm yang mereka namakan Eco Power Booster. Alat ini di klaim mampu hemat bahan bakar hingga 50 persen.

Ir. Ajat Sudrajat, MT sebagai perwakilan dari pihak UNAS menjelaskan para mahasiswa beserta staf dosen dari universitas yang berlokasi di Jakarta Selatan itu telah menemukan alat penghemat bbm yang mampu diaplikasikan diseluruh mobil “Dengan alat ini, maka konsumsi bahan bakar dapat lebih hemat antara 30-50 persen untuk mobil dan 30-70 persen untuk motor,” ungkapnya saat ditemui BosMobil di Jakarta.

Dalam temuan ini memang tidak sepenuhnya bahan bakar yang digunakan berasal dari air. Namun, penggunaan air dalam Eco Power Booster, membantu sebagai penghemat bbm. Prinsip untuk mengembangkan air sebagai energi adalah dengan mengubahnya menjadi senyawa-senyawa penyusunnya yaitu hidrogen (H) dan oksigen (O). Elektrolisis air menjadi prinsip dasar untuk mengubah air menjadi senyawa-senyawa penyusunnya. Gas H2 hasil elektrolisis tersebut digunakan sebagai energi bahan bakar yang memiliki tingkat pembakaran lebih tinggi, dibandingkan dengan energi lainnya.

Dr. Ir Budhi M.Suyitno, IPM Ketua Umum Badan Kejuruan mesin Persatuan Insinyur Indonesia pun merasa yakin bahwa penghemat bbm ini akan berhasil di pasaran. Apalagi dari segi harga, alat penghemat buatan Anak Bangsa itu sangat terjangkau yakni Rp.3 juta hingga Rp.3,5 juta. “Harga ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan penghemat bahan bakar merek luar negeri yang bisa mencapai Rp.15 juta,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa temuan ini merupakan karya anak bangsa yang harus di apresiasi “Beberapa komponen telah dipatenkan. Jadi tidak perlu diragukan lagi penemunya siapa,” tutupnya.

Sumber : bosmobil.com

You Might Also Like

One Comment

  1. Nindy

    wah keren nih, mengaplikasikan elektrolisis dalam ilmu kimia :O kira kira alat ini cocok untuk semua jenis mobil tidak?

Leave a Reply

*